Resep Mudah Membuat Telur Ceplok Kuah Asam Manis Spesial

Advertisement

Sebelumnya saya pernah membagikan kepada anda sebuah resep cara membuat bola - bola tahu dengan isi telur puyuh, dan untuk kesempatan sekarang saya kembali akan membagikan kepada anda sebuah resep dengan bahan utama telur juga namun kali ini yaitu resep membuat telur ceplok kuas asam manis. Telor ceplok adalah salah satu makanan yang sangat mudah sekali untuk dibuat. Biasanya membuat telur ceplok ini ketika seseorang sedang sibuk terutama di pagi hari karena harus bekerja atau harus melakukan sesuatu. Dan jika anda bosan dengan telur ceplok yang itu - itu saja, mungkin telor ceplok dengan kuah asam dan juga manis ini bisa menjadi resep tambahan bagi anda.
Resep Mudah Membuat Telur Ceplok Kuah Asam Manis Spesial
Bahan - Bahan
4-5 butir telur (dibuat telur ceplok)
1 butir bawang bombay (dirajang)
1 buah cabai merah (iris tipis)
1/2 batang bawang daun (iris miring)
1/8 sdt garam
1/8 sdt saus ikan
3 1/2 sdm gula
3 sdm minyak goreng
30 gram asam jawa
200 cc air

Cara Membuatnya

  • Untuk pertama tungakan 200 cc air ke dalam mangkuk dan rendam asam jawa selama 10 menit, lalu peras asam jawa tersebut untuk mendapatkan sarinya.
  • Selanjutnya panaskan minyak di wajan lalu tumsi bawang bombay sampai tercium bau harum, masukkan telur ceplok yang sudah dibuat sebelumnya. 
  • Kecilkan api dan masukkan asam jawa tadi ke dalam wajan dan biarkan sampai mendidih. 
  • Lalu tambahkan gula, garam, saus ikan, bawang daun, dan cabai. Dan masak semua bumbu serta bahan tersebut sampai matang dan bumbu sampai meresap dengan sempurna ke dalam telur ceplok.
  • Jika sudah angkat dan sajika ke piring serta temani dengan nasi putih agar lebih nikmat.

Advertisement
Description: Resep Mudah Membuat Telur Ceplok Kuah Asam Manis Spesial, Rating: 4.5, Reviewer: Unknown, ItemReviewed: Resep Mudah Membuat Telur Ceplok Kuah Asam Manis Spesial

Ditulis Oleh : Unknown
Hari: 5:26 PM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment