Cara Membuat Ikan Sarden Buatan Sendiri di Rumah

Advertisement

Siapa yang tidak suka dengan ikan, banyak orang suka dengan salah satu makanan yang bisa membuat otak kita encer jika memakannya. Ikan adalah salah satu makanan yang murah meriah dan sering dijadikan pengganti daging ayam atau sapi ketika harga daging sedang melonjak. Ikan pun banyak ragamnya pada saat proses menjadi sebuah makanan, Ikan sarden adalah salah satu makanan yang cukup banyak penggemarnya, dan biasanya ikan sarden sering kita temui di kaleng - kaleng. Namun untuk sekarang saya akan memberikan resep untuk membuat ikan sarden ala rumahan.
Cara Membuat Ikan Sarden Buatan Sendiri di Rumah
Bahan-bahan:
10 ekor ikan salem, bersihkan dan buang ekor dan kepalanya
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
2 buah cabai merah
2 buah cabai rawit 
2 buah tomat, haluskan
2 lembar daun salam
5 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal
1 sdm saus tiram
garam dan gula secukupnya
air secukupnya

Cara Membuatnya:
  • Pertama ulek kasar sampai hancur bumbu - bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit dan tomat.
  • Setelah itu anda pindah ke ikan dan langsung saja rendam ikan dengan air jeruk nipis dan garam. Goreng ikan salem sampai matang dan sisihkan.
  • Setelah itu tumis bumbu halus dan masukkan daun salam serta masukkan semua saus. Tambahkan sedikit air agar sedikit ecer dan untuk kuahnya sendiri, selanjutnya tumis sampai meletup-letup. 
  • Masukkan ikan dan tambahkan gula serta garam secukupnya, selain itu anda bisa tambahkan penyedap rasa sesuai dengan selera dan masak sampai bumbu meresap atau kuahnya sudah mengental.

Advertisement
Description: Cara Membuat Ikan Sarden Buatan Sendiri di Rumah, Rating: 4.5, Reviewer: Unknown, ItemReviewed: Cara Membuat Ikan Sarden Buatan Sendiri di Rumah

Ditulis Oleh : Unknown
Hari: 5:08 AM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment