Resep Membuat Ayam Bakar Cita Rasa Wong Solo Lezat

Advertisement

Ayam adalah salah satu bahan utama yang sangat populer dan banyak orang yang menggunakanya untuk membuat masakan lezat gurih serta menggugah selera. Cara pengolahan ayam pun terbilang cukup populer di Indonesia ini, ada yang dibakar, di kukus dan juga di goreng, semua itu kembali lagi pada anda yang mempunyai selera. Namun untuk kesempatan sekarang saya akan memberikan resep ayam yang di bakar plus dengan cita rasa wong solo. Di bawah ini ada resep, bahan - bahan serta cara pembuatanya.
Resep Membuat Ayam Bakar Cita Rasa Wong Solo Lezat
Bahan - Bahan :
1 ekor ayam pedaging/ayam kampung, potong2 menjadi 6 bagian
500 ml air kelapa yang diambil dari 1 buah kelapa tua
2 btg sereh, dimemarkan
10 sendk mkn kecap manis
4 cm lengkuas, gemperek memar
1 sendk mkn air asam jawa
4 lembr daun salam
35 g gula merah

Resep Wong Solo :
5 siung bawang putih, kupas kulitnya
12 butr bawang merah, kelupas kulitnya
6 butr kemiri
1/4 sendk teh jinten
1 sendk teh ketumbar
4 cm kunyit
3 cm jahe
1/2 sendk mkn garam

Cara Membuatnya :

  • Untuk bagian pertama tumis semua resep wong solo. Lalu selanjutnya masukkan batang sereh, lengkuas dan daun salam, masak semua bahan - bahan tersebut sampai tercium bau harum dari bagian resep wong solonya.
  • Selanjutnya pindah kebagian ayam, masukan potongan ayam sembari diaduk sampai bumbu tercampur sempurna dengan ayam.
  • Tambahkan air asam jawa, kecap, air kelapa dan juga gula merah, aduk semua sampai rata Masak terus semua bahan tersebut sampai matang dan berubah berwarna kecokelatan 
  • Setelah matang, angkat dan pisahkan potongan ayamnya dari kuah. Kuah yang di pisahkan bisa dijadikan bumbu pada ayam yang sudah di bakar.
  • Terakhir bakar ayam yang sudah di masak tadi dengan api sampai kelihatan berwaran coklat, jika sudah terlihat matang, angkat dan lumuri dengan bumbu yang tadi sudah dipisahkan, lalu bakar lagi sebentar saja.
  • Angkat dan sajikan bersama nasi hangat dan lalapan sehat. Cocok sekali untuk keluarga anda yang sekarang sedang menunggu untuk berbuka puasa.

Advertisement
Description: Resep Membuat Ayam Bakar Cita Rasa Wong Solo Lezat, Rating: 4.5, Reviewer: Unknown, ItemReviewed: Resep Membuat Ayam Bakar Cita Rasa Wong Solo Lezat

Ditulis Oleh : Unknown
Hari: 5:44 PM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment