Resep Cara Membuat Ayam Dengan Saus Manis Asam Lezat

Advertisement

Memang salah satu bahan masakan yang satu ini beragam sekali menu yang bisa kita buat, daging ayam adalah salah satu daging yang cara pengolahanya cukup beragam dari dibakar, digoreng, sampai dikukus semua cara penyajiannya membuat daging ayam adalah masakan dengan bahan utama yang cukup populer dan banyak ibu yang menggunakannya. Dan kali ini saya akan kembali akan membagikan kepada anda sebuah resep dari cara membuat daging ayam yaitu resep tumis ayam dengan saus manis asam.
Resep Cara Membuat Ayam Dengan Saus Manis Asam Lezat
Bahan - Bahan :
Ayam 1/2 kg bagian dada ayam (potong dadu/ kecil-kecil sesuai selera)
Garam (secukupnya)
1 sdm air jeruk nipis
5 Siung bawang putih (haluskan)
Minyak goreng (secukupnya)
Ketumbar (haluskan)
1 sdm margarin
3 siung bawang putih (memarkan)
1 bawang bombay (iris tipis)
4 sdm saus tomat
3 cm jahe (memarkan)
Gula pasir (secukupnya)
1 sdm air jeruk nipis
200 ml sari jeruk manis
2 sdt tepung maizena (larutkan dengan air)
5 gram kacang polong
Buah nanas potong dadu atau segitiga tipis (secukupnya)
2 buah tomat segar (belah menjadi 4 bagian)

Cara Membuatnya :

  • Untuk bagian pertama cuci daging ayam sampai benar-benar bersih kemudian potong dadu kecil-kecil atau sesuai selera anda.
  • Selanjutnya lumuri daging ayam dengan garam, air jeruk nipis, bawang putih halus, ketumbar halus, lalu diamkan 30 sampai 40 menit agar bubunya bisa meresap dengan sempurna.
  • Goreng ayam sampai berwarna kecoklatan atau matang. Lalu angkat dan diamkan sementara.
  • Sekarang kita pindah ke sausnya, pertama panaskan margarin lalu tumis bawang putih dan bawang bombay sampai tercium aroma wangi.
  • Kemudian masukkan bahan - bahan seperti saus tomat, jahe, gula pasir, garam, air jeruk nipis, buah tomat, kacang polong, buah nanas dan air sari jeruk manis kemudian tunggu sampai mendidih.
  • Selanjutnya, masukkan tepung maizena yang sebelumnya sudah diberi air ke dalam saus. Aduk sampai kelihatan mengental dan mendidih.
  • Jika benar - benar sudah matang letakkan ayam di atas piring saji lalu siram dengan saus asam manis.
  • Terakhir taburkan bawang merah goreng di atasnya ayam tersebut, dan tumis ayam dengan saus asam manis pun sudah siap anda sajikan.

Advertisement
Description: Resep Cara Membuat Ayam Dengan Saus Manis Asam Lezat, Rating: 4.5, Reviewer: Unknown, ItemReviewed: Resep Cara Membuat Ayam Dengan Saus Manis Asam Lezat

Ditulis Oleh : Unknown
Hari: 11:22 PM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment