Resep dan Cara Membuat Tumis Lele Kecap Manis Yang Lezat

Advertisement

Siapa yang tidak tahu dengan salah satu ikan yang licin dan memiliki kumis ini, lele adalah salah satu ikan yang enak sekali jika diolah dengan benar dan disajikan diatas piring yang di temani dengan nasi panas, dan juga sambal. Sama seperti pengolahan ikan pada umumnya lele juga bisa di bakar atau di goreng, namun untuk kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada anda sebuah tips pengolahaan lele dengan ditumis yaitu, lele tumis kecap manis dan enak.
Resep dan Cara Membuat Tumis Lele Kecap Manis Yang Lezat
Bahan - bahan :
1 kg lele dumbo (2 ekor)
7 buah cabe hijau
7 buah cabai merah besar
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok teh gula pasir
2 lembar daun salam
1 batang serai
1 potong tipis jahe
1 potong lengkuas sebesar ibu jari
2 buah tomat yang tua
6 buah belimbing sayur
1 cangkir minyak untuk menggoreng lele
3 buah jeruk nipis
kecap manis, garam secukupnya.

Cara Membuatnya :

  • Pertama kumis ikan lele dibuang terlebih dahulu, setalah itu ikan Lele dibersihkan dengan menggunakan abu gosok agar tidak berlendir. Selanjutnya cuci kembali dengan air dan sampai terlihat bersih ikan lele tersebut.
  • Selanjutnya, potong lele lalu siram dengan jeruk nipis setelah itu beri garam dan terakhir biarkan beberapa menit agar bahan - bahan tadi meresap dengan baik. 
  • Setelah didiamkan beberapa saat, ambil Lele dan goreng sampai matang.
  • Berikutnya potong bumbu (kecuali serai, lengkuas, jahe) dengan menyerong agak kasar.
  • Setelah di potong tumislah bawang, cabai dan lain-lain sampai terlihat matang dan mengeluarkan bau yang harum. Setelah itu, tambahkan kecap, gula dan garam ke dalamnya. Lalu Masukkan tomat dan belimbing.
  • Tumis semuanya sampai tercium bau harum pada bumbunya dan ikan lele pun sudah terlihat matang, sajikan dengan nasi panas sebagai pelengkapnya.

Advertisement
Description: Resep dan Cara Membuat Tumis Lele Kecap Manis Yang Lezat, Rating: 4.5, Reviewer: Unknown, ItemReviewed: Resep dan Cara Membuat Tumis Lele Kecap Manis Yang Lezat

Ditulis Oleh : Unknown
Hari: 7:54 PM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment